Sabtu, 26 November 2011

Tugas Semester 9


Nama             : BU Novi Dindin
NIM                 :

TUGAS II
MATERI DAN PEMBELAJARAN IPA SD

1.  Jelaskan perbedaan nutrient dan bahanmakanan! Berikan contohnya masing-masing
Jawab :
Nutrient adalah satuan-satuan yang menyusun bahan makanan
Contohnya : karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral
Bahan makanan adalah apa yang dibeli, dimasak, dan disusun menjadi hidangan.
Contohnya : daging, ikan, sayur, buah dan lain-lain

2.  Apa yang dimaksud dengan gizi seimbang.
Jawab :
Gizi seimbang adalah paduan makanan yang sangat tepat sesuai dengan kebutuhan anak.

3.  Proporsi makanan yang dibutuhkan tubuh telah digambarkan dalam suatu piramida gizi seimbang.
Jawab :
Berdasarkan piramida gizi seimbang, makanan dibagi menjadi enam kelompok:
1.    Proporsi terbesar adalah kelompok karbohidrat (roti, sereal, mi, nasi dll)
2.    Kelompok kedua  sebelah kiri (sayur) sedikit lebih besar dari sebelahnya (buah) artinya jumlah atau porsi sayur yang dianjurkan untuk kita makan setiap hari sedikit lebih banyak dibandingkan porsi buah.
3.    Kelompok kedu sebelah kanan (buah) sedikit lebih kecil dari sebelahnya (sayur)
4.    Kelompok ketiga sebelah kiri (susu) sedikit lebih kecil dari sebelahnya (lauk pauk).
5.    Kelompok ketiga sebelah kanan (laup pauk) sedikit besar dari sebelahnya artinya jumlah porsi lauk pauk sebagai sumber utam protein dan lemak.
6.    Di puncak piramida yang ruangnya tersempit, terdapat kelompok makanan yang relative tidak terlalu banyak diperlukan badan. Jadi porsinya perlu dibatasi seperlunya saja untuk menjaga keseimbangan gizi. Kelompok ini adalah gula, minyak, lemak dan garam.

4.  Zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh antara lain karbohidrat, protein, lemak dan mineral
a.    Jelaskan fungsi zat-zat tersebut bagi tubuh
b.    Sebutkan makanan yang menjadi sumber dari zat-zat gizi tersebut.
Jawab :
a.    - Karbohidrat fungsinya adalah sebagi sumber energy atau tenaga
-       Protein fungsinya adalah sebagai sumber energy atau tenaga serta untuk mengganti sel-sel yang rusak
-       Lemak adalah sebagai sumber energy atau tenaga serta untuk mengganti sel-sel yang rusak
-       Mineral fungsinya adalah sumber zat pengatur
b.    Sumber makanan
-       Karbohidrat bersumber pada makanan : nasi, jagung, kentang, sereal dll
-       Protein bersumber pada makanan : ikan, telur, tahu, tempe
-       Lemak bersumber pada makanan : daging
-       Mineral bersumber pada makanan : air

5.  Vitamin merupakan zat gizi yang juga diperlukan oleh tubuh. Tuliskan macam-macam vitamin, fungsinya masing-masing dan sumber perolehannya.
Jawab :
-       Vitamin A
Fungsinya : untuk menjaga kesehatan mata
Sumbernya : buah-buahan yangberwarna kuning dan merah (wortel, cabe, pisang, papaya dll)

-       Vitamin B1(Thiamin)
Fungsinya : untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit beri-beri
Sumbernya : gandum, kacang hijau, daging, beras, ragi

-       Vitamin B2 (Riboflavin)
Fungsinya : untuk mencegah sariawan, bibir pecah-pecah, mulut kering dll
Sumbernya: sayuran segar, susu, kuning telur, kacang kedelai

-       Vitamin B3 (asam pantotenat)
Fungsinya : menjaga system pencernaan, mencegah imsonia, mual-mual, muntah.
Sumbernya : buah-buahan, ikan, kentang, gandum

-       Vitamin B6 (Pirioksin)
Fungsinya : membantu mencerna protein dan respirasi selular.
Sumbernya : telur, daging, kentang dan kubis

-       Vitamin B12 (Kobalamin)
Fungsinya : pembentukan sel darah merah, sintetis asam nukleat dan pembelahan sel
Sumbernya : daging, telur, susu, hati dan ragi

-       Vitamin C
Fungsinya : menjaga ketahanan tubuh terhadap penyakit infeksi dan racun, menurunkan kolesterol, serta dalam dosis tinggi mencegah penyakit jantung, hepertensi, diabetes mellitus dan kanker
Sumbernya : jeruk, tomat, nanas, jambu, sayuran.

-       Vitamin D
Fungsinya : menghindarkan kita dari kerusakan gigi, kejang otot dan berbagai penyakit tulang.
Sumbernya : susu, telur, minyak ikan, keju

-       Vitamin E
Fungsinya : mencegah kemandulan pada pri dan wanita, mencegah gangguan syaraf dan otot.
Sumbernya : kuning telur, ayam, ikan, kecambah.

-       Vitamin K
Fungsinya : berperan dalam pembekuan darah dan dapat mencegah keguguran
Sumbernya : bayam, tomat, wortel

6.  Jelaskan perbedaan micronutrient dan macronutrient.
Jawab :
Micrinutrient adalah sumber zat pengatur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil.
Macronutrient adalah sumber zat pengatur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar.
7.  Kerusakan bahan makanan dapat dikelompokkan menjadi kerusakan mikrobiologis, mekanis, fisik, kimia dan biologis. Jelaskan masing-masing jenis kerusakan tersebut.
Jawab :
-        Kerusakan mikrobiologis adalah kerusakan pada bahan makanan yang disebabkan oleh jenis-jenis mikroba yaitu bakteri, kapang dan khamir.
-        Kerusakan mekanis adalah kerusakan pada bahan makanan yang terjadi jika ada benturan-benturan mekanis, seperti benturan antar bahan itu sendiri ataupun benturan bahan dengan alat.
-        Kerusakan fisik dan kimia adalah kerusakan pada bahan makanan yang terjadi akibat perlakuan-perlakuan fisik seperti cara pengolahan dengan pengorengan, pengeringan, dan pendinginan.
-        Kerusakan biologis adalah kerusakan pada bahan makanan yang disebabkan oleh serangga, binatang pengerat dan rusak secara fisiologis.

8.  Kemukakan cara penyimpanan dan pengolahan makanan agar kandungan gizinya tetap terjaga
Jawab:
Cara penyimpanan makanan agar kandungan gizinya tetap terjaga :
1.    Penyimpanan bahan pangan dengan kadar air rendah aeperti beras, kacang-kacangan kering, mi/bihun kering, jagung kering disimpan pada suhu ruang dalam kemasan karung, kantong kertas atau plastik yang tertutup.
2.    Penyimpanan bahan pangan dengan kadar air sedang seperti bawang, umbi-umbian dilakukan pada suhu ruang dan tidak langsung terkena sinar matahari.
3.    Penyimpanan bahan pangan dengan kadar air tinggi seperti susu, sayur, buah dan jenis-jenis daging sert aikan harus dilakukan scara cepat, karena bahan pangan ini dilakukan pada suhu dingin atau melalui pembekuan.

Cara pengolahan makanan agar kandungan gizinya tetap terjaga
1.    Menggunakan bahan baku/ bahan dasar yang baik (GIGO = Garnage In Garbage out) jika kita mengolahdari bahan makanan yang sudah mulai menurun mutunya maka hasil olahan yang diperoleh juga tidak baik mutunya.
2.    Menggunakan dan melaksanakan prosedur pengolahan secara benar.
3.    Menjaga hygiene sanitasi makanan.
4.    Mempertahankan sifat-sifat asli/ alamiah pangan.

9.  Apa yang dimaksud dengan zat aditif makanan, sebutkan beberapa contoh dan fungsinya masing-masing.
Jawab : ‘
Zat aditif adalah bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, menambahkan rasa dan memantapkan kesegaran produk tesebut.
Contoh beserta fungsinya :
1.    Berbagai macam vitamin yang fungsinya untuk meningkatkan nutrisi
2.    Penghalang kerak yang fungsinya mencegah penggumpalan

10.         Bagaimana upaya anda untuk memberikan pembelajaran kepada siswanya agar kebiasaan mengkonsumsi mekanan-makanan (jajan) yang kurang sehat dapat dihindari atau dikurangi.
Jawab :
Memberikan pengertian kepada anak jika jajan sembarangan akan menyebabkan sakit. Dan dari orang tua membiasakan diri untuk memberikan jajan buatan sendiri jadi dengan membiasakan diri pada anak seperti itu, anak akan terbiasa makan apa yang sudah diberikan orang tua.

TUGAS                      : II
MATA KULIAH      : MATERI DAN PEMBELAJARAN IPA SD
Nama                         : AFAN BUDIARTO
NIM                            : 8 1 5 1 9 4 9 9 6

SOAL
1.    Jelaskan perbedaan nutrient dan bahanmakanan! Berikan contohnya masing-masing
2.    Apa yang dimaksud dengan gizi seimbang.
3.    Proporsi makanan yang dibutuhkan tubuh telah digambarkan dalam suatu piramida gizi seimbang.
4.    Zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh antara lain karbohidrat, protein, lemak dan mineral
a.       Jelaskan fungsi zat-zat tersebut bagi tubuh
b.      Sebutkan makanan yang menjadi sumber dari zat-zat gizi tersebut.
5.    Vitamin merupakan zat gizi yang juga diperlukan oleh tubuh. Tuliskan macam-macam vitamin, fungsinya masing-masing dan sumber perolehannya.
6.    Jelaskan perbedaan micronutrient dan macronutrient.
7.    Kerusakan bahan makanan dapat dikelompokkan menjadi kerusakan mikrobiologis, mekanis, fisik, kimia dan biologis. Jelaskan masing-masing jenis kerusakan tersebut.
8.    Kemukakan cara penyimpanan dan pengolahan makanan agar kandungan gizinya tetap terjaga
9.    Apa yang dimaksud dengan zat aditif makanan, sebutkan beberapa contoh dan fungsinya masing-masing.
10.    Bagaimana upaya anda untuk memberikan pembelajaran kepada siswanya agar kebiasaan mengkonsumsi mekanan-makanan (jajan) yang kurang sehat dapat dihindari atau dikurangi.

JAWAB
1.    Nutrient adalah satuan-satuan yang menyusun bahan makanan
Contohnya : karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral
Bahan makanan adalah apa yang dibeli, dimasak, dan disusun menjadi hidangan.
Contohnya : daging, ikan, sayur, buah dan lain-lain

2. Gizi seimbang adalah paduan makanan yang sangat tepat sesuai dengan kebutuhan anak.
3. Proporsi terbesar adalah kelompok karbohidrat (roti, sereal, mi, nasi dll)
1.    Kelompok kedua  sebelah kiri (sayur) sedikit lebih besar dari sebelahnya (buah) artinya jumlah atau porsi sayur yang dianjurkan untuk kita makan setiap hari sedikit lebih banyak dibandingkan porsi buah.
2.    Kelompok kedu sebelah kanan (buah) sedikit lebih kecil dari sebelahnya (sayur)
3.    Kelompok ketiga sebelah kiri (susu) sedikit lebih kecil dari sebelahnya (lauk pauk).
4.    Kelompok ketiga sebelah kanan (laup pauk) sedikit besar dari sebelahnya artinya jumlah porsi lauk pauk sebagai sumber utam protein dan lemak.
5.    Di puncak piramida yang ruangnya tersempit, terdapat kelompok makanan yang relative tidak terlalu banyak diperlukan badan. Jadi porsinya perlu dibatasi seperlunya saja untuk menjaga keseimbangan gizi. Kelompok ini adalah gula, minyak, lemak dan garam.

4. a. Fungsi zat-zat pada tubuh :
- Karbohidrat fungsinya adalah sebagi sumber energy atau tenaga
-       Protein fungsinya adalah sebagai sumber energy atau tenaga serta untuk mengganti sel-sel yang rusak
-       Lemak adalah sebagai sumber energy atau tenaga serta untuk mengganti sel-sel yang rusak
-       Mineral fungsinya adalah sumber zat pengatur
b. Sumber makanan
-       Karbohidrat bersumber pada makanan : nasi, jagung, kentang, sereal dll
-       Protein bersumber pada makanan : ikan, telur, tahu, tempe
-       Lemak bersumber pada makanan : daging
-       Mineral bersumber pada makanan : air

5. - Vitamin A
Fungsinya : untuk menjaga kesehatan mata
Sumbernya : buah-buahan yangberwarna kuning dan merah (wortel, cabe, pisang, papaya dll)

-  Vitamin B1(Thiamin)
Fungsinya : untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit beri-beri
Sumbernya : gandum, kacang hijau, daging, beras, ragi

-  Vitamin B2 (Riboflavin)
Fungsinya : untuk mencegah sariawan, bibir pecah-pecah, mulut kering dll
Sumbernya: sayuran segar, susu, kuning telur, kacang kedelai

-  Vitamin B3 (asam pantotenat)
Fungsinya : menjaga system pencernaan, mencegah imsonia, mual-mual, muntah.
Sumbernya : buah-buahan, ikan, kentang, gandum

-  Vitamin B6 (Pirioksin)
Fungsinya : membantu mencerna protein dan respirasi selular.
Sumbernya : telur, daging, kentang dan kubis

-  Vitamin B12 (Kobalamin)
Fungsinya : pembentukan sel darah merah, sintetis asam nukleat dan pembelahan sel
Sumbernya : daging, telur, susu, hati dan ragi

-  Vitamin C
Fungsinya : menjaga ketahanan tubuh terhadap penyakit infeksi dan racun, menurunkan kolesterol, serta dalam dosis tinggi mencegah penyakit jantung, hepertensi, diabetes mellitus dan kanker
Sumbernya : jeruk, tomat, nanas, jambu, sayuran.

-  Vitamin D
Fungsinya : menghindarkan kita dari kerusakan gigi, kejang otot dan berbagai penyakit tulang.
Sumbernya : susu, telur, minyak ikan, keju

-  Vitamin E
Fungsinya : mencegah kemandulan pada pri dan wanita, mencegah gangguan syaraf dan otot.
Sumbernya : kuning telur, ayam, ikan, kecambah.

-  Vitamin K
Fungsinya : berperan dalam pembekuan darah dan dapat mencegah keguguran
Sumbernya : bayam, tomat, wortel
6. Micronutrient adalah sumber zat pengatur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil.
Macronutrient adalah sumber zat pengatur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar.

7.  -    Kerusakan mikrobiologis adalah kerusakan pada bahan makanan yang disebabkan   oleh jenis-jenis mikroba yaitu bakteri, kapang dan khamir.
-        Kerusakan mekanis adalah kerusakan pada bahan makanan yang terjadi jika ada benturan-benturan mekanis, seperti benturan antar bahan itu sendiri ataupun benturan bahan dengan alat.
-        Kerusakan fisik dan kimia adalah kerusakan pada bahan makanan yang terjadi akibat perlakuan-perlakuan fisik seperti cara pengolahan dengan pengorengan, pengeringan, dan pendinginan.
-        Kerusakan biologis adalah kerusakan pada bahan makanan yang disebabkan oleh serangga, binatang pengerat dan rusak secara fisiologis.

8. Cara penyimpanan makanan agar kandungan gizinya tetap terjaga :
1.        Penyimpanan bahan pangan dengan kadar air rendah aeperti beras, kacang-kacangan kering, mi/bihun kering, jagung kering disimpan pada suhu ruang dalam kemasan karung, kantong kertas atau plastik yang tertutup.
2.        Penyimpanan bahan pangan dengan kadar air sedang seperti bawang, umbi-umbian dilakukan pada suhu ruang dan tidak langsung terkena sinar matahari.
3.        Penyimpanan bahan pangan dengan kadar air tinggi seperti susu, sayur, buah dan jenis-jenis daging sert aikan harus dilakukan scara cepat, karena bahan pangan ini dilakukan pada suhu dingin atau melalui pembekuan.

Cara pengolahan makanan agar kandungan gizinya tetap terjaga
1.        Menggunakan bahan baku/ bahan dasar yang baik (GIGO = Garnage In Garbage out) jika kita mengolahdari bahan makanan yang sudah mulai menurun mutunya maka hasil olahan yang diperoleh juga tidak baik mutunya.
2.        Menggunakan dan melaksanakan prosedur pengolahan secara benar.
3.        Menjaga hygiene sanitasi makanan.
4.        Mempertahankan sifat-sifat asli/ alamiah pangan.

9.     Zat aditif adalah bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, menambahkan rasa dan memantapkan kesegaran produk tesebut.
Contoh beserta fungsinya :
1.        Berbagai macam vitamin yang fungsinya untuk meningkatkan nutrisi
2.        Penghalang kerak yang fungsinya mencegah penggumpalan

10.    Memberikan pengertian kepada anak jika jajan sembarangan akan menyebabkan sakit. Dan dari orang tua membiasakan diri untuk memberikan jajan buatan sendiri jadi dengan membiasakan diri pada anak seperti itu, anak akan terbiasa makan apa yang sudah diberikan orang tua.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar